Jumat, 18 Januari 2013

Empat Stadion Unik di Dunia

Melihat para pesepak bola bermain di stadion yang megah memang keren. Namun, tahukah Anda arsitektur stadion sepak bola tak selalu secanggih yang kita lihat di televisi? Berikut ini adalah beberapa stadion di berbagai dunia yg dibuat dengan struktur unik:

Kepulauan Faroe
Negara ini memiliki stadion multifungsi berstruktur unik yang bernama Vesturi a Eidinium Stadium. Stadion ini sering digunakan untuk pertandingan sepak bola sekaligus markas FC Suduroy atau yang dikenal juga sebagai VB Sumba.
Keunikan stadium ini adalah dari segi kapasitas pengunjung yang mencapai 3.000 orang, tetapi hanya memiliki 330 tempat duduk. Selain itu, karena terletak di semenanjung pulau, ada satu orang petugas di sebuah perahu yang berfungsi mengumpulkan bola saat jatuh ke laut

 

Portugal
Anda pernah mendengar klub Portugal, Sporting Braga? Klub ini ternyata bermarkas di stadion unik sekaligus menakjubkan bernama Braga Municipal Stadium. Pada 1997, stadion ini berubah nama menjadi Estadio AXA (AXA Stadium) sehubungan dengan kerja sama antara Sporting Braga dan AXA.
Sang arsitek, Eduardo Souto de Moura membangun stadion ini dengan konsep brilian. Pasalnya, stadion ini dibangun tepat di sebelah tambang Monte Castro yang menghadap ke Kota Braga. Desain stadion ini terinspirasi dari suku Inca kuno Amerika Selatan.
Finicial Times menyebut stadion ini sebagai empat stadion terindah di dunia. Tahun 2006, stadion ini mnyabet penghargaan Chicago Athenaeum Internatiol Architecture Award sebagai desain baru terbaik dunia. Lalu, pada 2011, sang arsitek dianugerahi penghargaan Pritxker Prize.

 

Singapura
Konstruksi unik stadion lainnya ada di negara tetangga, Singapura. Stadion ini bernama Podium Apung Marina Bay.  Sesuai namanya, stadion ini memiliki konsep apung di laut dan merupakan stadion apung terbesar di dunia.
Seluruh rangka stadion ini terbuat dari baja dengan panjang 120 meter dan lebar 83 meter. Uniknya, stadion dengan kapasitas tribune 30.000 orang ini mampu menahan beban hingga 1.070 ton.


Venezuela 
Anda pernah mendengar Caraxas Futbol Club? Wajar jika belum pernah karena klub sepak bola ini berlaga di Liga Venezuela. Namun, klub ini memiliki stadion multifungsi yang bernama Cocodrilos Sports Park. Stadion ini menampung hingga 3.500 orang dan sering digunakan untuk pertandingan sepak bola. Apa keunikan stadion ini? Bayangkan saja Anda bermain tepat di sebelah jalan raya. Itu dia ciri stadion ini. Unik, bukan?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar